Minggu, 30 Agustus 2020

Deteksi Suhu & Kelembaban Menggunakan Sensor DHT-11 Dengan Mikrokontroler Arduino

     Halo semuanya, pada post kali ini, saya akan berbagi tentang cara untuk mendeteksi suhu dan kelembaban dari suatu ruangan menggunakan sensor DHT-11 dengan Arduino sebagai Mikrokontrolernya.  Adapun alat-alat yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Arduino UNO (bebas mau tipe board apa saja)
  2. Sensor DHT-11
  3. Beberapa Jumper
  4. Software Arduino IDE
        Barang-barang diatas dapat kalian beli lewat online (Tokopedia, Bukalapak, Shopee dsb) atau kalian bisa datangi toko Mikrokontroler terdekat di daerah kalian. Setelah semua barang telah terkumpul, mari kita buat rangkaiannya. Kalian bisa mencontoh rangkaian sederhana yang telah saya buat seperti digambar dibawah ini:




        Sebelum itu, kalian download terlebih dahulu Library DHT-11 yang akan digunakan, Link Download terdapat dibawah postingan ini. Setelah selesai kalian tinggal memasukkan code yang telah saya buat dibawah ini:
    

#include "DHT.h"
#define DHTPIN 2
#define DHTTYPE DHT11

DHT dht(DHTPIN, DHTTYPE);

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  dht.begin();
}

void loop() {
  int h = dht.readHumidity();
  int t = dht.readTemperature();

  Serial.print("suhu: ");
  Serial.print(t);
  Serial.println("'C");

  Serial.print("humidity: ");
  Serial.print(h);
  Serial.println("%");
  delay(1000);
}
    
        Sebelum upload program, pastikan settingan PORT dan BOARD Arduino yang digunakan telah benar. Setelah selesai, kalian tinggal membuka Serial Monitor pada Arduino IDE dan kalian dapat melihat hasil dari deteksi suhu dan kelembaban. Kalian dapat mendownload Source Code dan Library pada link dibawah ini.